Cara Tercepat Dan Mudah Mengetahui Bahasa Windows

Sabtu, 16 Februari 2013

Apakah Benarkah Linux Aman Terhadap Virus??


 Selama ini para pengguna linux mengkampanyekan dan membesar-besarkan bahwa keunggulan linux adalah free (gratis) dan bebas dari virus. Untuk yang pertama bisa jadi karena memang Lunix dikembangkan secara open source Namun statemen kedua, nampaknya perlu dicermati lebih lanjut.

linux tahan virus?


Hal ini berdasarkan penjelasan yang diberikan oleh vaksin.com pada bulan Januari tadi, menjawab pertanyaan Apakah Linux tahan virus? Memang malware yang menginfeksi Linux sangat sedikit dibandingkan dengan malware yang menginfeksi OS Windows. Malahan yang berkembang adalah malware yang menginfeksi Andorid (yang dibangun dari kernel Linux) dan persentase perkembangannya mengalahkan perkembangan malware Windows.

Lalu, apakah Linux aman virus? Jika definisi virus/malware yang maksudkan adalah virus Windows, tentunya Linux tahan dan aman dari virus Windows. Demikian pula Windows tahan terhadap virus Android karena tidak kompatible.

Ada beberapa catatan yang diberikan Vaksincom terkait pertanyaan apakah benar linux aman dari virus.

Vaksincom pernah memiliki pelanggan korporat dengan jumlah PC 500 klien yang terhubung ke jaringan dan 70 % dari PC sudah menggunakan OS Linux. Sisanya menggunakan OS Windows. Suatu saat server database down karena serangan malware, langkah pertama yang dilakukan adalah mengecek semua PC Windows apakah ada malware yang menginfeksi dan melakukan Ddos ke server database.

Namun, setelah semua PC Windows diperiksa dan dipastikan bersih dari malware, server database tetap di Ddos dan akhirnya Vaksincom menggunakan NNP (Norman Network Protector) untuk mengidentifikasi IP mana saja yang melakukan Ddos dan yang membuat terkejut rupanya IP-IP yang melakukan Ddos adalah yang menggunakan OS Linux.

Muncul pertanyaan mengapa hal ini terjadi karena pada saat itu malware di Linux sangat sedikit dan bisa dihitung dengan jari. Selidik punya selidik ternyata PC-PC yang menggunakan Linux tersebut harus menjalankan program database yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman Windows dan supaya kompatible menjalankan emulator WINE.

Rupanya emulator tersebut selain menjalankan aplikasi Windows juga ikut menjalankan malware Windows dengan sangat kompatibel dan hal tersebut yang menjadi sebab Ddos ke server database.

Dalam perkembangan ancaman eksploitasi malware di tahun terakhir yang berjalan di server side, pemilihan OS yang digunakan PC sudah tidak relevan untuk melindungi pengguna cloud services jika servernya / apps servernya dieksploitasi.

Salah satu contohnya adalah eksploitasi pada apps Facebook yang sebenarnya aktif di server Facebook dan apapun OS yang anda gunakan, Android, Mac, Windows atau Linux tidak akan bisa mencegah akun Facebook anda di eksploitasi.

So, mau pilih yang mana? Linux atau Windows? Terserah Anda :D

0 komentar:

Posting Komentar